Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog


Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog - Belakangan ini banyak sekali komentar SPAM yang masuk ke blog saya, beberapa dikirim dengan menggunakan software yang berusaha meninggalkan link-link website lain di kolom komentar blog saya, dan beberapa dikirim dengan cara manual.

Menurut saya tidak ada gunanya mengirimkan komentar SPAM seperti itu, selain mengganggu pemilik blog, promosi dengan cara seperti itu tidak akan efektif. Di bawah ini contoh komentar SPAM dengan menggunakan software.

Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Untuk komentar SPAM yang menggunakan software bisa diatasi dengan menggunakan plugin Akismet. Jadi, setiap SPAM Comment akan masuk ke folder SPAM di WP saya, dan akan lebih mudah menghapusnya sekaligus.

Saya sangat merekomendasikan plugin ini untuk bloggers yang menggunakan platform WordPress untuk blog mereka. Namun, selain spam dari software, banyak juga komentar SPAM yang dikirimkan dengan cara manual. Nah, komentar seperti ini yang sering bikin repot.

Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Beberapa komentar yang masuk ke blog saya berisi link promosi afiliasi dan juga blog pribadi sahabat blogger lain dari dalam negeri. Sebenarnya tidak masalah promosi link affiliasi, tapi harusnya jangan di halaman komentarnya tp di kolom tempat meletakkan alamat website, dan tentu saja berkomentar dengan cara sewajarnya.

Beberapa komentar dari teman-teman blogger hanya berisi kata-kata yang sangat singkat, seperti “nice” “makasih sob“, “artikel menarik“, “terimakasih artikelnya“, dan lain-lain. Komentar mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik artikel yang ada di blog saya, jadi ya saya hapus saja. Yang saya heran, mereka yang melakukan SPAM dengan cara manual, ga capek ya? Hehehe.

Awalnya saya hanya menggunakan Akismet untuk menghalau komentar SPAM yang dikirimkan dengan menggunakan software. Ternyata tidak cukup karena banyak SPAM yang masuk dengan cara manual, jadi harus moderasi dan menghapusnya setiap hari.

Bagaimana menyikapi komentar SPAM tersebut?
Sebagai blogger, tentu saya mengharapkan komentar dari pembaca artikel saya, tapi saya tidak ingin blog saya “terganggu” dengan adanya SPAM. Lalu, bagaimana caranya?

Pemilik blog perlu memiliki alat untuk mencegah para SPAMers ini beraksi, atau paling tidak meminimalisir. Di bawah ini beberapa pilihan yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi masalah komentar SPAM tersebut:

Opsi 1: Pasang Captcha Pada Blog

Tadinya saya ingin memasang captcha pada bagian komentar di blog saya, jadi setiap orang yang ingin berkomentar harus mengetikkan kata yang tertera pada captcha yang muncul.

Tapi menurut saya, ini justru membuat orang yang ingin meninggalkan komentar menjadi tidak nyaman, dan saya biasanya tidak suka berkomentar pada blog yang menerapkan cara seperti ini. Saya tidak mengunakan opsi ini.

Opsi 2: Menggunakan sistem Komentar Yang Berbeda (Diqus atau Jetpack)

Disqus sangat banyak digunakan saat ini. Namun, saya pribadi kurang menyukainya. Pada sistem komentar ini, teman-teman blogger tidak bisa meninggalkan alamat situs mereka karena Disqus tidak menyediakan kolom untuk mengisi alamat blog/website. Tentunya blogger ingin meninggalkan “jejak” blog mereka di blog lain untuk mendapatkan trafik dari blog tersebut.

Saling mengunjungi blog sahabat bloggers lain adalah salah satu cara yang sering dilakukan sesama blogger selama ini untuk berinteraksi satu sama lain. Jadi, kalau tidak ada kolom untuk meninggalkan alamat website, tentunya blogger lain akan enggan meninggalkan komentar di blog tersebut. Saya tidak menggunakan opsi ini.

Opsi 3: Menambahkan Check Box Untuk Mengaktifkan Tombol Kirim Komentar

Menurut saya ini adalah salah satu cara termudah untuk menghalau para SPAMers yang meninggalkan komentar dengan cara manual. Untuk menambahkan Check Box tersebut bisa dilakukan dengan cara manual menambahkan code tertentu pada file comments.php.

Saya lebih suka menggunakan plugin, yaitu dengan menginstal plugin GASP (Growmap Anti Spambot Plugin). Plugins ini gratis dan bisa ditemukan dengan menggunakan kolom search pada wordpress dengan mengetikkan keywords “Growmap Anti Spambot Plugin”, bisa juga dengan cara Download GASP dan upload melalui cpanel. Saya menggunakan plugin GASP dan plugin Akismet.

Conclusion:

Menurut saya, masalah komentar SPAM ini tidak akan bisa diatasi seratus persen hanya dengan mengandalkan plugin Akismet dan GASP. Kita tetap harus melakukan moderasi secara manual. Biasanya saya melakukan moderasi pada komentar yang baru masuk setiap harinya.

Dan untuk beberapa orang yang sudah beberapa kali mengirimkan komentar, saya setting Auto approve tanpa moderasi lagi. Anda punya cara lain untuk mengatasi komentar SPAM? Silahkan bagikan melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya.

Komentar