Blogger Copy Paste Kenapa Masih Ada? Ternyata Inilah Penyebabnya

Blogger Copy Paste Kenapa Masih Ada? Ternyata Inilah Penyebabnya

Blogger Copy Paste Kenapa Masih Ada? Ternyata Inilah Penyebabnya - Dunia #blogging secara umum di dunia dan di tanah air kita memang bisa dibilang sudah banyak berkembang. Tidak hanya dari para pelakunya, namun ilmu blogging yang ada pun bisa dibilang terus bertumbuh dengan pesat. Inilah yang menjadi bukti bahwa perkembangan blog dewasa ini telah tumbuh dengan sangat baik. Nah dari perkembangan blog ini seharusnya para blogger sudah banyak mengetahui bahwa hanya konten orisinil tanpa copy paste adalah hal yang paling baik untuk blog.

Namun faktanya di lapangan kita ternyata masih mendapati adanya blog-blog yang dibuat dengan menampilkan artikel copy paste (copas). Tentu saja hal ini sangat bertentangan dengan kaidah dan pedoman penulisan dan ilmu blogging yang benar. Tapi yang perlu kita tanyakan hal ini adalah mengapa sampai masih ada blogger copy paste? Inilah penjelasannya.


1. Tidak Percaya Kepada Kemampuan Diri Sendiri

Hal pertama yang menyebabkan masih adanya blogger copy paste adalah adanya ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri. Sikap tidak percaya pada kemampuan diri sendiri ini memang sangat mungkin membuat seorang blogger membuat artikel copy paste. Ini tentu saja sebuah hal yang sangat buruk dan tidak baik. Sebab blogger yang juga seorang penulis akan dianggap menodai kaidah dan pedoman penulisan maupun ilmu blog.

Seperti layaknya mengerjakan tugas sendiri saat sekolah, maka mengerjakan konten blog dengan orisinalitas sendiri adalah hal yang perlu dilakukan seorang #blogger. Ini bukan hanya soal orisinalitas, tapi juga tentang sebuah kejujuran. Bila Anda melakukan copy paste untuk memenuhi blog maka bisa Anda dianggap sebagai seorang yang tidak jujur dan pastinya seorang plagiat.

Maka jangan sampai kegiatan copy paste ini Anda lakukan meski sekali. Karena jika Anda sudah kebiasaan maka Anda akan terdorong untuk melakukannya lagi dan lagi. Jika hal ini terjadi maka Anda bisa dipastikan akan mengalami ketergantungan pada orang lain untuk melakukan copy paste artikel. Jadilah yakinlah pada kepercayaan pada diri sendiri sehingga Anda akan terhindar dari tindakan copy paste.


2. Tidak Berminat Untuk Belajar Menulis

Berikutnya hal yang bisa menyebabkan adanya blogger copy paste adalah tidak adanya minat blogger untuk belajar menulis. Selain tidak percaya diri dalam menulis, blogger yang tidak memiliki minat untuk belajar menulis juga bisa menyebabkan mereka melakukan plagiat dengan cara melakukan copy paste. Saat seseorang terjun ke dunia blogging, memang mau tak mau mereka harus juga akan berhadapan dengan dunia tulis-menulis.

Nah dari sinilah seorang blogger juga minimal harus punya minat pada dunia tulis menulis. Tidak adanya minat menulis akan membuat seorang blogger instan ini melakukan copy paste. Penulis mengatakan blogger instan karena blogger yang melakukan copy paste tidak akan bertahan lama dan akan segera berhenti dengan sendirinya. Hal ini karena mereka tidak akan mendapatkan hasil apapun dari kegiatan blogging-nya.


3. Terlalu Mementingkan Kuantitas Daripada Kualitas.

Selanjutnya hal yang bisa menjadi penyebab seorang blogger melakukan copy paste adalah terlalu berfokusnya mereka pada kuantitas (jumlah) artikel daripada kualitas artikel. Ya, semakin banyak artikel yang diterbitkan memang akan membuat sebuah blog akan cepat dan banyak dikunjungi visitor. Namun percayalah bahwa hal ini tidak akan berlangsung lama.

Pasalnya #Google sudah punya sistem sendiri untuk menempatkan blog-blog atau website yang punya nilai dan orisinalitas pada konten-konten yang dimiliki. Jadi sebanyak apapun konten artikel yang diposting jika ternyata konten tersebut copy paste maka hal ini akan percuma saja dan tidak akan membuat blog mereka jaya seterusnya. Maka dari itu utamakan saja kualitas yang baik dalam membuat artikel untuk blog. Meski sedikit asal berkualitas maka Google pun akan menyukainya.


4. Tidak Serius dan Hanya Mencari Recehan

Terakhir, hal yang menjadikan seorang blogger melakukan copy paste adalah karena tidak adanya keseriusan dan hanya mencari recehan. Tidak adanya niat dan keseriusan dalam menjalankan aktivitas blogging memang akan membuat seseorang tidak punya gairah dan semangat untuk menulis artikel dengan baik. Maka alih-alih menulis dengan artikel yang berkualitas, mereka kemudian cenderung melakukan plagiat atau copy paste. Dan kebanyakan blogger yang tidak ada  niat dan keseriusan mereka adalah orang-orang yang hanya mencari uang receh di dalam blog.

Komentar